Rabu, 04 Desember 2013

Negara Jepang

Negara Jepang sering disebut dengan Negara Matahari Terbit. Alasannya, nama itu sendiri berasal dari bahasa Jepang, Nihon atau Nippon (日本), yang berarti matahari terbit. Nah, selain itu, bukti yang menunjukkan bahwa Jepang memang negara terbitnya matahari adalah pada lambang benderanya. Kita dapat melihat gambar bulatan merah yang menunjukkan matahari, yang digambarkan pada warna belakang putih.

Dalam kesehariannya, Jepang merupakan negara yang masih tradisional dan tua. Walaupun begitu, negara yang juga dijuluki Negara Bunga Sakura ini adalah salah satu negara yang sangat modern di Asia Tenggara, bahkan sejajar dengan Amerika Serikat. Di sisi lainnya, Jepang ini menduduki peringkat ke-10 negara yang berpopulasi terbesar di dunia dengan perkiraan jumlah penduduknya 127 juta orang

Ibukota Negara : Tokyo
Bahasa resmi: Bahasa Jepang
Perkiraan penduduk: ±127.000.000 orang
Peringkat jumlah populasi di dunia: 10
Kota-kota besar: Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya
Luas wilayah: ±378.000 km2
Peringkat luas wilayah di dunia: 61
Titik tertinggi: Gunung Fuji (±3.776 meter)
Mata uang resmi: Yen

Pendidikan di Jepang
Urutan masa sekolah di Jepang adalah 6-3-3-4. Artinya, sekolah dasar (shougakkou) selama 6 tahun, sekolah menengah pertama (chuugakkou) selama 3 tahun, sekolah menengah atas (koutougakkou) selama 3 tahun, dan universitas (daigaku) selama 4 tahun. Sembilan tahun pertama adalah pendidikan wajib. Hebatnya, hampir 100% dari siswanya selalu datang ke sekolah sehingga persentase buta huruf di Jepang hanya 0,7%.
Setelah lulus SMA, mereka seharusnya melanjutkan ke perguruan tinggi dan belajar selama 4 tahun. Bagi yang mendalami ilmu kedokteran, maka masa  belajar ditambah 2 tahun, menjadi 6 tahun. Selain program sarjana, ada juga pasca sarjana untuk mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang S2, dan S3 untuk program doktor. Lama pendidikan untuk S2 adalah 2 tahun, dan S3 selama 3 tahun.
Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, kita pasti dapat memahami mengapa bangsa Jepang lebih maju dari negara-negara lain. Giat belajar sejak SD hingga SMA, giat bekerja, dan menjaga tradisi adalah resep sukses mereka. AYO KITA PASTI BISA SEPERTI MEREKA!

Ikan Sebagai Sumber Daya Laut bagi Jepang

Kekayaan laut Jepang sama seperti Indonesia. Letaknya yang jauh dari daratan Asia menyebabkan industri perikanan di sana berkembang dengan pesat. Kita dapat melihat jika penduduk Jepang suka menyantap makanan dari ikan mentah, yang namanya sashimi. Ada pula makanan serupa yang disebut sushi, yang terbuat dari beras yang sering disandingkan dengan sashimi tadi, atau dengan rumput laut yang telah dikeringkan yang dinamai nori.
 
 

1 Comment:

  1. Unknown said...
    mana fotonya??

Post a Comment



By :
Free Blog Templates